Minggu, 26 Februari 2017

KAK Ekspedisi Pengiriman Barang

1. Latar Belakang

Pada jaman yang modern ini, semua layanan kini tersedia baik secara  online maupun offline. Di dalam hal pengiriman barang, industri pengiriman barang di Indonesia merupakan industri yang tingkat pertumbuhannya sangat pesat tahun demi tahun. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya perusahaan jasa yang terus bertambah dan berkembang pada saat ini demi memenuhi tuntutan pertumbuhan perusahan yang sangat membutuhkan dukungan dari industri ini, sehingga perusahaan mengalami kemudahan dalam pengiriman barang. Berkembangnya industri jasa titipan memberikan dampak positif kepada dunia usaha karena sangat membantu dalam pendistribusian informasi kepada klien / konsumen dengan tingkat ketepatan,kecepatan dan keamanan yang cukup tinggi.

Dengan semakin berkembangnya jasa pengiriman barang, banyak jasa pengiriman barang tidak mempunyai aplikasi yang pengguna / klien dapat mengetahui bagaimana keadaan barang mereka saat dikirim. Hal tersebut tentu dapat memicu tindakan kejahatan seperti penipuan terhadap jasa pengiriman barang itu sendiri. Untuk itu maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat melacak keberadaan barang pada saat barang sedang dikirim sehingga pengguna / klien dapat mengetahui keberadaan barang mereka.

2. Maksud dan Tujuan

Maksud dari pembangunan aplikasi ini adalah untuk mengetahui keberadaan barang pengguna / klien sehingga meraka dapat mengetahui dimana barang mereka saat ini.

Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah meminilasir tindakan penipuan atau kehilangan barang agar baik dari pihak perusahaan atau pengguna tidak saling dirugikan.

3. Sasaran

Sasaran yang dicapai adalah tersedianya aplikasi yang dapat megetahui keberadaan barang saat pengiriman dan menghasilkan data yang benar dan cepat.

4. Organisasi Pengguna Jasa

PT. Kirim Aman

5. Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan untuk proyek ini berasal dari dana investor sebesar Rp. 30.000.000,-

6. Ruang Lingkup, Lokasi, Ahli pengetahuan

Ruang Lingkup dari kegiatan ini adalah :
  1. Pengembangan modul, dan aplikasi
  2. Penyusunan dokumentasi
  3. Pembuatan server
  4. Pembuatan Database
Lokasi dari kegiatan ini adalah di area wilayah Sidoarjo - Jawa Timur

Ahli Pengetahuan
  1. Pengadaan trainig kepada staff yang terlibat pembuatan aplikasi ini agar mereka bisa mengetahui cara kerjanya
  2. Konsultasi untuk pengembangan aplikasi.

7. Metodologi

Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi tracking ini adalah SDLC (Software Development Life Cycle).
Metodologi yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi untuk aplikasi ini adalah :
  1. Studi Literatur - Studi literatur adalah mencari buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi  ini  untuk  dijadikan  landasan  penelitian  dan sumber data dalam pembangunan sistem informasi yang dibutuhkan sehingga tidak menyimpang dari teori yang ada.
  2. Observasi - Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey dan mengamati sistem informasi yang sudah ada untuk mengetahui secara pasti sistem yang sedang berjalan serta kelemahan yang ada.
  3. Kuisioner - Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan informasi dan sistem yang diperlukan pelanggan. 
  4. Perancangan - Dilakukan dengan metode perancangan terstruktur mulai dari rancangan UML (use-case Diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram), pengisian database, rancangan layar dan tampilan, serta pengujian perancangan sistem. 

8. Jangka Waktu Pelaksanaan

Jangka waku untuk pembuatan aplikasi ini sampai selesai hingga bisa dioperasikan adalah 50 hari kerja.

9. Kualifikasi

Kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan adalah :
  1. Bersedia untuk merahasiaka data
  2. Berpengalaman dalam pembuatan aplikasi
  3. Menggunakan metode yang baik dan benar
  4. Berkomitmen terhadap PT. Kirim Aman
  5. Berkomitmen terhadap pekerjaan

10. Tenaga Ahli

Tenaga ahli yang dibutuhkan adalah 5 orang dengan kualifikasi sebagai berikut :
  1. Minimal lulusan D3 atau sederajat di bidang teknik informatika/sistem informasi/manajemen
  2. Pengalaman dibidang terkait minimal 1 tahun
  3. Mampu bekerja sama dengan tim
  4. Mampu bekerja didalam tekanan
  5. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah diberikan

11. Keluaran

Keluaran yang diharapkan dari aplikasi ini adalah :
  1. Aplikasi tracking barang
  2. Buku panduan aplikas
  3. Pelatihan, pendampingan, dan pemeliharaan aplikasi 

12. Pelaporan

Laporan yang harus diserahkan adalah :
  1. Laporan pendahuluan berupa rencana kerja menyeluruh, mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung serta jadwal kegiatan
  2. Laporan interm berupa hasil kegiatan yang sudah dicapai, masalah pelaksanaan dan rencana solusinya, serta rencana baru selanjutnya
  3. Laporan Akhir berupa laporan pendahuluan, laporan mingguan, serta keluaran proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar