Selasa, 25 Oktober 2016

Perancangan Perangkat Lunak - SI Puskesmas

Studi Kasus
Sistem Informasi Puskesmas, aplikasi perumpaan ketika seseorang sedang sakit dia harus pergi kedoker, ibaratnya adalah aplikasi ini adalah sebuah tempat yang "menyerupai seperti rumah sakit"
Aktor yang terlibat didalamnya adalah seorang pasien, petugas loket, seorang dokter, dan apoteker
Selanjutnya kita list interaksi-interaksi yang ada didalam sistem informasi puskesmas. Interaksi ini kita sebut dengan use case.

1. Pendaftaran Pasien
Pasien melakukan registrasu sebelum berobat
2. Pemeriksaan Kesehatan
Sesudah mendaftar pasien akan diberi nomor antri, kemudian dokter akan memanggil sesuai nomor urut yang kemudian pasien akan diperiksa kesehatannya.
3. Tindakan Medis
Dokter kemudian menjelaskan apakah penyakit yang diderita parah atau biasa saja
4. Pemberian Resep
Setelahnya dokter akan memberikan resep sesuai penyakit yang diderita oleh pasien


Kemudian dari usecase ada juga sequence diagram
Pendaftaran Pasien

Pemeriksaan Kesehatan

Pemberian Resep
Ambil Obat

Untuk class diagram SI Puskesmas


Program ini menggunakan C++ jadi tampilannya masih berupa console sederhana.


User (pasien) harus mendaftar terlebih dahulu sebelum diperiksa oleh si dokter, yang kemudian pasien menunggu antrian untuk dipangil.

Pasien dipanggil kemudian menceritakan apa yang dikeluhkan oleh si pasien kepada doker, setelah itu dokter memberikan saran kepada pasien kemudian dokter memberikan resep obat untuk dibawa kebagian apoteker.

Pasien menerima obat dan diperbolehkan pulang.
Untuk source code nya bisa didownload disini :) 

referensi studi kasus http://www.slideshare.net/ghofarsensei/use-casediagram
Anandi Jaya Santoso
5114100096
PPL E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar