Senin, 26 September 2016

Use Case Diagram ATM

Pernahkah anda mengambil uang di mesin atm?, pasti pernah lah ya. Tapi apa anda tau bagaimana cara mesin atm bekerja? pasti pada penasaran, disini akan dijelaskan bagaimana proses mesin atm bekerja dimulai dari gambar usecase diagram dan sequence diagram. Berikut gambar dan penjelasannya

itu adalah gambar menu awal dari mesin atm setelah berhasil login atau masukkan pin, berikut adalah gambar usecase diagramnya

Berikut mengenai penjelasannya
Teknisi / Operator
1. Sistem pada mesin atm nyala
Tugas dari operator salah satunya adalah menyalakan mesin agar bisa digunakan oleh pengguna nya. Ketika mesin menyala pertama kali, mesin akan meminta data ke operator berapakah uang yang ada pada atm tersebut. Setelah mendapat data dari operator, maka mesin atm mengirim data tersebut ke jaringan pusat bank. Setelah itu mesin atm siap digunakan.



2. Sisten pada mesin atm mati
Operator juga mempunyai tugas untuk mematikan mesin atm, ketika mesin atm dimatikan maka proses koneksi jaringan pusat ke bank akan terputus.



Pengguna
1. Session - Transaksi
Setelah user berhasil melakukan login maka user dihadapkan langsung dengan menu halaman utama atm, seperti contoh pada gambar menu atm diatas. Pilihan transaksi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Ganti Pin
Pengguna bisa mengubah pin sesuai yang diinginkan, yaitu mesin atm akan meminta untuk memasukkan pin lama. jika benar maka pin berhasil diubah, apabila jika salah maka pin pengguna akan terblokir dan harus mengurus pada bank terdekat yang dituju. Jika benar nasabah akan dimintai untuk memasukkan pin baru, dan atm akan meminta verifikasi dengan memasukkan pin baru tersebut lagi. Jika benar maka atm akan melakukan update pada database bank melalui konsol. Jika sukses maka akan keluar struk, jika gagal maka akan muncul tulisan error pada layar atm.

3. Transfer
Pengguna akan memasukkan nomor tujuan. Lalu atm akan memverifikasikan data tentang tujuan transfer dan nominal. Jika nasabah menyetujui maka transfer akan dilakukan dan saldo nasabah akan berkurang dan saldo tujuan akan bertambah.



4. Informasi Saldo
Pengguna bisa meminta / mengecek informasi saldo mereka pada mesin atm. Prosesnya adalah atm akan meminta data pada bank pusat setelah mendapatkan informasi tersebut maka akan ditampilkan ke layar atm.



5. Pembayaran
Pada menu ini pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran dengan instansi tertentu yang terdaftar pada jaringan bank.

6. Penarikan Tunai
Pada menu ini pengguna melakukan penarikan tunai dimana user bisa mengambil uang yang diminta sesuai dengan data saldo yang dimiliki oleh pengguna.

7. Isi Ulang Kartu
Pengguna bisa membeli/mengisi ulang kartu prabayar dari bni seperti e-toll card. E-toll card ini digunakan untuk membayar toll fee secara otomatis tanpa mengeluarkan uang fisik.

Sekian Terima Kasih.
Anandi Jaya Santoso
5114100096
PPL E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar